Cara Mengoperasikan Windows 7 Task Manager

UNTUK PEMULA

MEMBUKA TASK MANAGER

Windows memberikan kamu banyak cara untuk membuka Task Manager, berikut ini caranya:

Dengan shortcut keyboard #1: Tekan Ctrl+Shift+Escape
Dengan shortcut keyboard #2: Tekan Ctrl+Alt+Delete dan pilih Task Manager
Dengan Mouse: Klik kanan pada Windows Taskbar dan pilih Task Manager

Cara Menggunakan Task Manager di Windows untuk Pemula

MELIHAT RAM DAN CPU HOG

Pada Task Manager ada tab Apllications yang memperlihatkan daftar aplikasi yang sedang kamu gunakan sekarang. Kamu bisa mengeluarkan aplikasi tersebut dengan tombol End Task. Tetapi kadang-kadang ada aplikasi yang tidak merespon, sehingga mereka tersendat dan masih melakukan proses ini yang dinamakan hogs. Aplikasi tersebut masih menggunakan RAM dan CPU, padahal sudah kamu keluarkan.

Untuk melihat aplikasi yang sudah kamu keluarkan tetapi masih menggunakan proses RAM dan CPU, kamu bisa melihatnya di tab Processes. Aplikasi yang berjalan secara background akan berada di daftar pada tab ini.

Jika aplikasi yang sudah kamu keluarkan masih berjalan dan kamu dapat melihatnya di tab Processes, maka kamu harus mematikannya dengan mengklik aplikasi tersebut dan klik tombol End Process. Dengan begini RAM dan CPU komputer kamu akan terbebas.

Di tab Processes ini kamu juga dapat melihat penggunaan memory yang digunakan oleh aplikasi, kamu juga dapat mengurutkan aplikasi dari penggunaan memory terbanyak dengan mengklik tab Memory.

Task Manager di Windows 8 lebih memudahkan kamu dengan menyediakan satu tab saja yaitu tab Processes, disini kamu bisa melihat aplikasi yang aktif dan aplikasi background yang juga aktif.

Cara Menggunakan Task Manager di Windows untuk Pemula

MEMATIKAN PROCESS APLIKASI BACKGROUND

Jika komputer kamu lemot padahal kamu tidak membuka aplikasi apapun, kamu bisa mencoba Task Manager dan memeriksanya di tab Processes. Mungkin kamu akan menemukan aplikasi yang berjalan secara background, sortir aplikasi berdasarkan memory yang digunakan. Kemudian kamu akan menemukan penyebab komputer kamu melambat dengan penggunaan CPU 99%. Klik kanan pada aplikasi yang banyak memakan memory tersebut dan pilih End Process.

Cara Menggunakan Task Manager di Windows untuk Pemula

MEMERIKSA TOTAL PENGGUNAAN RAM DAN CPU

Untuk memeriksa total penggunaan RAM dan CPU, kamu bisa membuka Task Manager dan melihat tab Performance. Disini akan ditampilkan grafik dari penggunaan memory RAM dan CPU yang kamu gunakan. Jika komputer lemot, grafik dari CPU dan RAM akan mulai meninggi. Jika penggunaan RAM dan CPU tetap tinggi walaupun kamu tidak membuka aplikasi apapun, mungkin kamu butuh mengupgrade RAM.

Cara Menggunakan Task Manager di Windows untuk Pemula

MELIHAT AKTIFITAS JARINGAN

Jika kamu merasa koneksi internet kamu lemot, mungkin ada seseorang yang menggunakan internet kamu atau Windows kamu sedang melakukan update. Kamu bisa melihatnya pada Task Manager di tab Networking. Disini akan ditampilkan grafik yang terpisah berdasarkan jaringan yang kamu gunakan atau aplikasi yang sedang menggunakan jaringan internet kamu.

Di Window 8, kamu dapat melihatnya di tab Performance.

Cara Menggunakan Task Manager di Windows untuk Pemula

MELIHAT PER-PROSES AKTIFITAS JARINGAN

Jika kamu ingin melihat lebih detail penggunaan jaringan network dari aplikias-aplikasi yang kamu gunakan. Kamu bisa melihatnya di tab Performance dan klik tombol Resource Monitor. Pada window Resource Monitor, kamu bisa mengklik tab Network. Disini akan banyak daftar aplikasi yang menggunakan internet.

Di Windows 8, kamu bisa melihat penggunaan jaringan dari setiap aplikasi di tab Processes.

Cara Menggunakan Task Manager di Windows untuk Pemula

MELIHAT PER-PROSES AKTIFITAS DISK

Ketika window Resource Monitor terbuka dan kamu mengklik tab Disk. Disini akan menampilkan berbagai informasi dari aplikasi yang menggunakan Disk dari komputer kamu. Disk memberikan kamu informasi mengenai penulisan dan pembacaan hardisk kamu oleh aplikasi yang kamu gunakan. Jika hardisk kamu terasa lemot ketika membuka folder atau dokumen, tools yang satu ini bisa mengetahui penyebabnya.

Di Windows 8, kamu bisa melihat penggunaan disk dari setiap aplikasi di tab Processes.

Cara Menggunakan Task Manager di Windows untuk Pemula

Tinggalkan komentar